BLOG

Manfaat Perhitungan Gaji Secara Automatis dalam Laporan Keuangan

24 May 2018

Pada banyak kasus, pemilik UKM harus mengemban banyak peran dalam menjalankan bisnisnya. Anda mungkin memiliki sejumlah karyawan untuk membantu operasional sehari-hari, tetapi Anda pasti juga tetap terjun langsung untuk menangani berbagai hal yang sebetulnya bukan menjadi keahlian utama Anda.

Salah satunya adalah hal-hal yang berkaitan dengan HR. Setiap bulannya, Anda harus memberikan gaji kepada setiap karyawan sesuai dengan hak mereka. Meski jumlah karyawan masih relatif sedikit, terkadang Anda masih tetap merasa kewalahan karena harus penghitungan gaji yang rumit. Di sinilah software penghitungan gaji otomatis akan sangat membantu Anda dan kondisi keuangan bisnis Anda.

 

Data Karyawan Tersimpan Aman

Software penghitungan gaji otomatis memberikan banyak fleksibilitas kepada perusahaan untuk menentukan kebijakan terkait penghitungan gaji. Artinya, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda sendiri. Seluruh data karyawan yang Anda input akan tersimpan secara aman dan sistematis.

Kabar baiknya lagi, kini kebanyakan software penghitungan gaji otomatis telah berbasis cloud, memungkinkan Anda untuk mengakses data tersebut dari mana pun dan kapan pun. Agar lebih aman, Anda bahkan bisa membatasi akses terhadap data tersebut hanya pada pihak-pihak tertentu saja. Dengan begitu, risiko penyalahgunaan data bisa diminimalisir.

 

Kemudahan dalam Pengelolaan Pajak

Hal-hal yang berhubungan dengan pajak kerap menimbulkan stres. Namun, risiko stres tersebut bisa Anda tekan dengan menggunakan software penghitungan gaji otomatis. Karena seluruh data karyawan tersimpan secara otomatis dan sistematis, Anda tak perlu mencari dokumen slip gaji secara manual untuk melihat record pembayaran pajak mereka. Dengan informasi yang akurat, Anda juga bisa menghitung gaji karyawan secara tepat dan sesuai. Masalah atau kendala yang berhubungan dengan human error pun bisa sangat ditekan.

Membantu Membuat Slip Gaji

Meski sering disebut dengan software penghitungan gaji otomatis, perangkat tersebut sebetulnya memiliki fungsi yang lebih dari sekadar menghitung gaji. Anda juga bisa sekaligus membuat slip gaji menggunakan software penghitungan gaji otomatis. Biasanya, software penghitungan gaji otomatis telah memiliki template yang bisa langsung Anda gunakan secara mudah. Anda bahkan juga bisa memasukkan berbagai potongan seperti pajak dan BPJS, lalu software akan segera melakukan penghitungan secara otomatis dan memasukkannya pada slip gaji.

 

Lebih Akurat Menghitung Gaji Karyawan

Kondisi finansial perusahaan sangat dipengaruhi oleh akurasi dalam penyusunan laporan keuangan. Software penghitungan gaji otomatis akan membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut berkat kemampuannya untuk menghitung gaji secara akurat dan tepat.

Proses Data, misalnya, memungkinkan Anda untuk menghitung gaji setiap karyawan dengan melibatkan berbagai hal yang dirasa berpengaruh, misalnya seperti BPJS, pajak, upah lembur, hingga THR. Anda cukup memasukkan data dan Proses Data akan langsung menghitungnya pada slip gaji. Anda bahkan bisa langsung mengirimkan file slip gaji ke setiap karyawan melalui email dan men-download slip gaji tersebut untuk penyimpanan yang sistematis.

 

Membantu Mengambil Keputusan

Software penghitungan gaji otomatis memungkinkan Anda untuk memonitor seluruh pengeluaran untuk gaji secara instan. Hal ini dapat membantu Anda menyusun data keuangan untuk membuat estimasi. Jika Anda memiliki record performa bisnis, Anda bisa memadukannya dengan data dari software penghitungan gaji otomatis untuk mengambil berbagai keputusan.

Misalnya, record menunjukkan bahwa bisnis Anda mengalami peningkatan. Agar bisa keep up dengan perkembangan tersebut, Anda sebetulnya membutuhkan karyawan baru, tetapi data laporan keuangan tidak memungkinkan Anda melakukan hal tersebut. Anda pun melakukan penyesuaian, yakni dengan meminta seorang karyawan untuk mengemban peran baru, tetapi dengan menaikkan gajinya.

Dengan berbagai manfaat di atas, penghitungan gaji otomatis akan menghemat banyak waktu Anda. Data yang tersimpan sistematis pun dapat membantu Anda untuk menyusun laporan keuangan secara lebih akurat. Hal ini tentu akan berdampak positif pada bisnis Anda.